Dollar Gratis dari Direct Pay Profits

Kamis, 23 Desember 2010

Bagaimana Menulis Artikel

Follow 
selalujaya on TwitterMenulis artikel apakah itu untuk majalah, koran atau bahkan tugas dari guru  banyak cara yang bisa kita gunakan. Berikut ini beberapa langkah yang mungkin bermanfa'at untuk Anda lakukan (tidak menggurui lho! tapi nggak ada salahnya berbagi) semoga bermanfa'at adanya :
  1. Tentukan topik Anda. Apa yang akan Anda tulis?
  2. Fokuskan untuk siapa Anda menulis. Apakah Anda menulis untuk pemula, orang yang mahir atau orang yang terampil di bidang yang Anda tulis? Misalnya bila Anda akan menulis tentang "bagaimana membuat slide PowerPoint", apakah audience Anda termasuk orang yang baru mengenal PowerPoint ataukah seorang usahawan yang memerlukan tip-tip yang lebih.
  3. Lakukan penelitian. Seberapa baik Anda menguasai topik yang akan Anda tulis. Apakah Anda dapat membuatnya dengan sangat mudah tanpa persiapan ataukah Anda membutuhkan saran yang lebih dari para ahli di bidang itu?
  4. Tentukan panjang artikel. Beberapa majalah dan surat kabar seringkali membatasi panjang artikel.
  5. Siapkan beberapa sumber atau referensi. Sumber bisa diperoleh dari dokumen, penelitian internet maupun wawancara dengan seseorang yang memang ahli di bidangnya..
  6. Buat kerangka atau ringkasan artikel Anda. Hal ini akan sangat membantu Anda untuk lebih fokus pada inti dari artikel yang Anda buat.
  7. Tulis draft dari artikel. Sampaikan kepada pembaca apa yang akan Anda terangkan dalam artikel Anda. Ini merupakan pendahuluan. Sebagai contoh :
    • artikel ini menerangkan tentang bagaimana cara membuat presentasi dengan slide menggunakan PowerPoint. Termasuk di dalamnya mencakup informasi tentang : pemilihan tema, membuat slite judul, slite topik dan sebagainya.
    • Artikel ini diperuntukkan bagi pemula. Penulis beranggapan bahwa para pembaca belum mengenal PowerPoint.
  8. Periksa lagi tiap detil dari artikel Anda.
    • Periksa kembali apakah terdapat kesalahan informasi. Apakah Anda sudah memerksa ulang fakta-fakta.
    • Hapus informasi yang tidak perlu. Menyampaikan informasi yang tidak mendukung topik Anda adalah hal yang sangat kontra produktif dan dapat menimbulkan respon dan opini negatif yang merugikan.
  9. Tulis kembali artikel Anda
  10. Kumpulkan artikel Anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar